Archive

Posts Tagged ‘jarak bandung cianjur sukabumi’

Perayaaan Tahun Baru 2012 di Pelabuhan Ratu

Tahun baru kali ini pasti akan lebih awesome, mengapa ? hmm mungkin karena merayakan di pantai. Tujuan utamanya yaitu menuju ke ujung genteng, namun setelah dipertimbangkan dengan jarak dan waktu, akhirnya kita berencana untuk pergi ke pantai pelabuhan ratu saja.

Kisah ini dimulai dari ajakan dari teman nabila untuk main ke rumahnya dea yang ada di Sukabumi. Rombongan berencana pergi dengan naek motor untuk konvoi menuju sukabumi pada tanggal 30 desember 2012, karena nabila kebetulan kedatangan sepupunya dari cilegon, sehingga tidak bisa barengan untuk menuju sukabumi. Alhasil perginya masing-masing, yang penting satu tujuan yaitu ke sukabumi.

Akhirnya saya dan nabila memutuskan untuk pergi ke Sukabumi pada tanggal 31 desember 2012, sekalian nganter sepupunya pulang ke terminal dan saya pun menjemputnya di terminal, tepat di terminal leuwi panjang. Dengan perlengkapan yang sudah disiapkan sebelumnya, saya pun bergegas menjemput nabila di terminal.

Sekitar pukul 06.00 wib saya tiba di terminal dan langsung berangkat lagi menuju Sukabumi, karena masih pagi jalan menuju tujuan begitu sepi dan motor pun di gaspol trus, dan akhirnya hanya 1 jam 30 menit tiba sudah sampai di Cianjur tepatnya pukul 07.30 wib. Jarak dari bandung menuju Cianjur sekitar 60-an km . Seperti yang ada pada status twitter saya, bisa dilihat di @shorizky dengan hasttag #NewYearJourney. Setelah beristirahat hanya 10 menit dan beberapa menit mengambil potongan video tentang perjalanan saya bersama nabila. Ini potongan video tempat kita beristirahat :D

Pom Bensin Cianjur

Setelah beristirahat 10 menit yakni pada pukul 08.40 wib, kita melanjutkan lagi perjalanan menuju Sukabumi. Pada saat dijalan, bertemulah teman kita yang bernama zaki dan iyma, yang telah berangkat 1 jam lebih awal dari kita, di sekitaran jalan menuju sukabumi. Saya tarik gas dengan pelan untuk nunggu mereka, tapi tak kunjung tiba jg mereka. Dan saya pun akhirnya tiba di perbatasan kabupaten sukabumi pada pukul 08.05 wib, disana ada mesjid yang bernama Mesjid Dhorifah, tujuannya sih nunggu mereka dan kita pun mendokumentasikannya lagi di video. hihi XD. Setelah 20 menit yang ditunggu-tunggu tidak datang juga, dan dapat kabar untuk duluan saja. Yaudah kita pun bergegas pergi lagi pada pukul 08.21 wib menuju sukabumi yang katanya dea sama rere udah nunggu di depan SMAN 3 Sukabumi.

Dalam perjalanan dari Mesjid Dhorifah ke Sukabumi, turunlah gerimis kecil yang kemudian menjadi deras. Karena tidak membawa jas hujan, kita kehujanan dan basah kuyup. tas dan kamera pun harus dibungkus pake plastik biar tidak basah. hehehe. Kita pun sampai di depan SMAN 3 Sukabumi dan bertemu dengan dea dan rere. Kemudian pergilah kita ke rumah dea pada pukul 08.53 wib.

Setelah dihitung-hitung perjalanan dari bandung pada pukul 06.00 sampai di Sukabumi pada pukul 08.53 sekitar 3 jam, tapi seharusnya itu bisa lebih cepat sekitar 2,5 jam menurut saya.

Sesampainya di rumah dea, kita ditawari makan berat. Hmm, langsung santap saja deh kebetulan emang lagi lapaar berat ditambah lelah dan basah kuyup. Setelah beberapa menit tibalah zaki dan iyma, mereka pun langsung makan. Beristirahatlah kita disana, karena perjalanan kita belum selesai, etelah ini kita akan melanjutkan untuk pergi ke Pantai Pelabuhan Ratu.

Tepat pada pukul 13.00 wib, saya, nabila, dea, pocong, rere, abang, zaki, iyma bersiap untuk melanjutkan perlananan menuju pelabuhan ratu seperti foto dibawah ini, yang katanya perjalanan hanya 2 jam dari Sukabumi.

pasukan

Setelah persiapan selesai, akhirnya kita pun berangkat.

Yang saya ingat pada waktu perjalanan menuju pelabuhan ratu itu, jalannya. Ya jalannya yang jelek dan sempit. tapi ada beberapa jalan yang bagus tapi cuma sedikit. Perjalanan pun dimulai, dalam perjalanan banyak sekali orang-orang yang berkonvoi ria, dan memang orang-orang tadi itu bertujuan sama yaitu Pantai Pelabuhan Ratu, mungkin tidak ratusan lagi tapi ribuan, dari motor-motor lain yang konvoi juga, rombongan yang pakai mobil pick-up, belum lagi mobil pribadi dan bus-bus. Saya kira perjalanan ini jalannya tidak akan terlalu jauh, karena sebelumnya saya belum pernah pergi pelabuhan ratu. Ternyata eh ternyata, kita harus menaiki gunung dulu yang jalannya ya hanya cukup untuk 2 mobil saja, untuk 3 mobil tidak akan muat menurut saya. Dengan kondisi jalan seperti itu, konsentrasi dan kebugaran harus sangat dijaga, salah dikit bisa celaka nantinya. Dan yang paling mengerikan itu adalah bus dengan kecepatan tinggi yang melaju di ruas jalan tadi, udah tau jalanan sempit tapi masih aja seruntulan. Ngeri banget dah. hahaha. Saya dan nabila pun tertinggal dengan rombongan, karena kita sering berhenti untuk mencari sendal jepit di warung2. Dan sendal jepit yang dicari itu harus colorful katanya jadi rada susah mencari warung yang menjual seperti itu, tapi akhirnya dapat juga. Nabila mendapat sendal berwarna ungu XD

Sekitar pukul 15.33 wib, dalam keadaan belum sampai pelabuhan ratu kita bertemu dengan rombongan yang menunggu di Bantar Gadung. Mereka sedang beristirahat sekalian meenunggu teman kita yang tertinggal juga. Tempat kita menunggu adalah sebuah warung dengan ada saungnya, disana saya memesan kopi dan rokok untuk sesekali menghilangkan rasa kantuk dan lelah, dan nabila pun membeli pop mie yang katanya udah lapeer. Kita mengincar sunset di pelabuhan ratu, tapi teman kita tak kunjung tiba juga. Akhirnya kita memutuskan untuk melanjutkan perjalanan lagi sekitar pukul 16 lewat beberapa menit. Disini saya memutuskan untuk meninggalkan rombongan dengan cara pergi lebih awal, karena tangan kanan udah cukup pegal kalau berjalan dengan pelan. Dan perjalanan pun dimulai.

Ya seperti yang udah diceritakan tadi, jalan di gunung yang ramai, dengan bus yang kencang tanpa mempedulikan yang lain, merupakan medan yang cukup menantang. kita tidak boleh lengah, bisa saja nanti diserempet motor orang atau mobil. Akhirnya kita sampai dijalan yang cukup memadai, bukan di gunung lagi. sudah di jalan raya lah istilahnya. Kita berhenti, kalau gak salah ada patung ikan yang membagi jalan menjadi 3, yang satu tidak bisa di akses, dan satu bisa di akses. Saya duduk dan menunggu rombongan, tapi ternyata nabila mendapat sms bahwa mereka sudah sampai di pantai, yang anehnya, saya tidak melihat mereka melintas, apalagi menyusul eh tau tau udah sampai aja di pantai. zzz.
Disini ada 2 jalan, yang bisa di akses, sama yang tidak. akhirnya saya memilih jalan yang tidak bisa di akses, karena jalan itu juga banyak yang melewati, yang ada dipikiran saya tujuan mereka pun sama yaitu pantai pelabuhan ratu. yaudah saya ikuti jalan yang tidak di akses itu, dan akhirnya saya lewati dan ujung2nya memang sama yaitu pantai pelabuhan ratu. Sekitar pukul 17.24 wib saya tiba di Pantai Pelabuhan Ratu, Alhamdulillah. Karena nabila ingin foto session dengan suasana sunset, bergegaslah dia berganti pakaian dan langsung ke pantai. Dan kita pun sebisa mungkin mendapatkan foto sunset. walaupun hanya sebentar. hmm dibawah ini adalah foto sunset dengan sedikit editan dengan photoshop. Not bad lah. :p

sunset

Setelah mendapat beberapa foto bertema sunset, kita ganti baju lagi. berhubung suasana pantai sudah mulai gelap dan GERIMISSSSSSSSS. bzz. disini udara pantai terasa sangat dingin, beda dengan suasana pantai seperti biasanya yang terkenal dengan suhu panasnya. tapi disini aneh, yakk. Kita semua mencari tempat untuk disinggahi yang berupa bale, lumayan juga harganya cukup meningkat menjelang tahun baru seperti ini. Mencari kesana kemari gak ada yang paket hemat, akhirnya ada yang sedikit murah sekitar 50 ribu, per malam. Tapi ya katanya udah ada yang booking, terpaksa deh pindah. Akhirnya kita taro barang kita di semacam bale yang kecil, ya lumayanlah untuk menaruh barang dan duduk doang mah. hehe.

Sekitar pukul 22.00 wib, sang ketua pelaksana dea, membeli paket makan malam yaitu ikan bakar, gatau deh nama ikannya apa. pokoknya mengenyangkan seisi perut ini, karena memang sebelumnya belum makan malam. :D Sebelum makan, saya dan nabila jalan-jalan dipesisir pantai, menikmati malam yang dingin disertai suara ombak yang menyejukkan pendengaran. Nongkrong2 bentar, kemudian hujan lagi. Akhirnya balik lagi ke Bale tempat kita menaruh barang-barang tadi. Dan akhirnya makan deh di tempat yang sudah disediakan. Pas balik lagi ke bale, eh udah penuh ajaa itu tempat sama orang lain, gara-gara dipake buat neduh dari gerimis yang berujung hujan. Dengan sedikit kata-kata sinis dari nabila, “eh ini kan tempat kita, kok banyak orang sih” satu per satu orang-orang tadi beranjak pergi, dan akhirnya kita pun bisa duduk dengan juga. boleh juga perkataan si nabila. hehehe.

Waktu pun berjalan, tak terasa sebentar lagi tahun 2012. Di sekitaran pantai sudah mulai bernyanyi-nyanyi orang sekitar, suara terompet yang tak henti-hentinya bersuara, ada beberapa kembang api kecil yang sudah dinyalakan menghiasi malam yang gelap. dan waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba. HAPPY NEW YEAR 2012 yaa !!! tahun baru sudah datang, suasana yang sepi menjadi ramai, langit yang gelap menjadi bercahaya dihiasi kembang api yang bertubi-tubi. WOOOW !! Kerenlah pokoknya, berhubung ini adalah pertama kali nya untuk saya dan untuk nabila merayakan tahun baru di pantai. Langit tuh berwarna-warni banget, kembang api gak berhenti2. Berhubung sulit untuk mendapatkan foto-foto kembang api, akhirnya saya rekam suasana itu dengan menggunakan kamera saya. Dan hasilnya memang tidak akan terlupakan, karena bisa diputar kapan saja. :D . Dan ini berupa screenshoot dari video yang saya rekam bersama nabila.

firework

Setelah hampir 1 jam, pesta kembang api pun selesai. Dan akhirnya kami pun beranjak ke bale. Ngobrol-ngobrol, dan apapunlah yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Dan akhirnya kita pun beristirahat.
Paginya, sekitar pukul 06.00 wib tanggal 1 Januari 2012, pagi sudah meyambut, sayangnya disini tidak bisa melihat sunrise. Dan nabila sama si dea udah maen aer aja di pantai, dan saya pun ikutan deh maen aer. hehehe.

Setelah bermain di pantai, kemudian beres-beres dan langsung jalan-jalan lagi dan foto-foto, dengan batere yang tersisa alakadarnya. :) Gak berapa lama setelah jalan2, saya melihat ada sebuah karya dari pasir, buatan pocong anak seni rupa upi. sedikit sensual sih tapi ya overall bagus lohh. hihi. Nih fotonya.

wow

Trus kita jalan lagi keliling2 pantai lagi, disana ketemu sama dea, rere dan iyma. Eh tiba2 minta difotoin deh mereka. Sekalian buat kenang-kenangan. Nih hasilnya.

jumping

setelah itu, giliran saya deh sama nabila mau ikutan di foto, hihi. ini difotoin sama si rere. bagus nih fotonya. :D

youandme

Setelah berkeliling, kita merapihkan apa yang dibawa, karena sekitar jam 10.00 wib , kita akan langsung pulang menuju sukabumi, tepat ke rumahnya si dea lagi. berhubung perut ini laper banget, karena belum sarapan. kita minta izin untuk pergi duluan. jadi pulangnya gak barengan lagi. Total jarak tempuh dari pelabuhan ratu ke sukabumi sekitar 60-an km , tanpa non-stop langsung geber dan gaspol. Sekitar 2 jam lebih dalam perjalanan, melewati pegunungan, menyusul bus-bus kencang akhirnya kita sampai di kota sukabumi. Kita mampir di rumah makan. namanya kalau ga salah Warung Steak Sukabumi, mirip2 sih sama WS yang ada di bandung, setelah pesan langsung deh kita makan dengan lahap. dan tidak lupa buat mendokumentasikan perjalanan saya dan nabila. hehee.

Setelah makan tibalah di rumah dea, tanpa dea yang katanya belum sampai. dan beristirahatlah kita disana.
sekitar jam 15.00 wib baru datang deh si dea dan yang lainnya. Rere dan abang serta zaki dan iyma akan balik hari ini pada tanggal tanggal 1 januari 2012, sedangkan saya dan nabila akan pulang keesokannya paginya, biar mendapatkan energi yang cukup.

rere dan abang udah pulang, sekitar jam 17.30 wib, begitu jg iyma dan zaki. Nabila tidur sama dea di kamar dea. Saya sendiri di ruang tv entah mau ngapain bingung. Tiba2 ayahnya dea dan ibunya membawa jagung, buat di bakar. dan akhirnya saya pun bantu-bantu buat bakar jagung. :D

Sekitar pukul 19.30 wib, saya dan nabila udah janji mau keliling ke sukabumi, mau jalan-jalan malam ceritanya. hihi.
dan tujuan kita adalah pisang coklat cakra, katanya sih enak kata nabila yang udah pernah nyoba. jarak dari rumah dea ke tujuan ga terlalu jauh. 10 menit pun sampai. Nih buat yang penasaran kayak apa pisang coklat cakra dari sukabumi ada fotonya :D

pisang coklat cakra

Selesai makan pisang coklat, kita pulang lagi deh ke rumah dea, sekitar pukul 21.00 wib kalau gak salah. Sesampainya di rumah dea, langsung deh bersih-bersih lalu tidur. karena besok pagi kita akan langsung balik lagi ke bandung.
ngejar pagi hari biar gak terlalu panas di jalannya.

Pukul 05.30 wib, saya dibangunin sama nabila, perasaan jam 05.00 wib udah dipasangin alarm nya, trus nabila bilang begini, “aku yang matiin alarmnya, biar aku sendiri aja yang bangunin kamu”. Bihihihi gitu dia. :D

Setelah beres-beres sekitar pukul 06.38 wib, saya sudah siap untuk pergi lagi ke bandung, sebelumnya udah dikasih sarapan dulu sama mamahnya, perasaan banyak banget ngerepotinnya ini. hihi. Makasih ya buat mamahnya dea.

Dan pergilah saya menuju pom bensin, untuk isi ulang bahan bakar karena emang dikit lagi nih, perjalanan pun masih jauh. Pada perjalanan pulang tidak ada kendala yang sulit, cuma ada hal yang ngeselin, harus nyusul truk yang kencang, di daerah sukabumi – cianjur. Ya disini saya harus menyusul truk itu dengan kecepatan 90km/jam , dengan membawa boncengers serta tangkibag yang isinya perlengkapan dan lumayan berat. Setelah menunggu jalan yang bagus dan sepi, akhirnya saya dapat menyusul truk itu. Maklum harus nunggu jalan bagus dulu, soalnya jalan dari sukabumi ke cianjur itu bolong-bolong, gak semulus jalan dari bandung ke cianjur.

Sekitar pukul 07.45 wib saya tiba juga di cianjur, berhenti di pom bensin sekedar untuk pipis dan minum air. Dan langsung lagi berangkat ke Bandung, di jalan cianjur gak kerasa kecepatan di speedometer nyampe 120km/jam dengan membawa boncengers yaitu nabila dan membawa tangki bag bisa juga nyampe kecepatan segitu walaupun memang harus berhati2 takut ada sesuatu.

Dan pada pukul 09.40 wib, saya dan nabila tiba di bandung dengan selamat. Alhamdulillah perjalanan ini sangat mengesankan untuk saya maupuun untuk nabila, karena memang ini untuk pertama kalianya kita merayakan pesta tahun baru di pantai, dan bareng sama pacar. hiihi.

Pokoknya terima kasih buat nabila, dea, keluarga dea, rere sama abangnya, iyma sama zaki nya, dan pocong sama teman2nya. Tahun baru kali ini begitu mengesankan. Happy New Year 2012.

Tunggu aja perjalanan saya selanjutnya, dicerita dan waktu yang berbeda. See you :D

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: