Home > Perkuliahan > Routing

Routing

Ngerjain tugas jaringan komputer sambil posting, bisa bermanfaat buat kalian jg kan😀
sekarang kita akan membahas.

Apa itu Routing ??

Routing, adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah internetwork. Routing juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan sehingga paket-paket data dapat hinggap dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut sebagai router. Router-router tersebut akan menerima paket-paket yang ditujukan ke jaringan di luar jaringan yang pertama, dan akan meneruskan paket yang ia terima kepada router lainnya hingga sampai kepada tujuannya.

Secara keseluruhan, protokol routing dapat kita kelompokkan menjada dua Jenis yaitu:

1. Static Routing

Merupakan proses pemilihan jalur yang dilakukan secara manual, biasanya oleh administrator jaringan. Dipilih jika dalam jaringan tersebut terdapat satu atau lebih gateway yg terhubung pada jaringan tersebut. Biasanya dikenakan pada jumlah gateway yg sedikit.

2. Dynamic routing

Merupakan proses pemilihan jalur yg dilakukan secara otomatis oleh gateway atau router yg bersangkutan. Diterapkan pada jaringan yg memiliki banyak gateway atau router. Kelebihan dari dynamic routing juga dia selalu mengupdate secara otomatis table routing yg tersedia pada dirinya.
Secara keseluruhan, protokol routing dapat kita kelompokkan menjada dua Jenis yaitu:

  • Interior Routing Protocol, digunakan sebagai protokol routing di dalam suatu autonomous system. Pada TCP/IP routing, istilah autonomous system memiliki arti yang normal, yakni suatu kumpulan network dan gateway yang memiliki mekanisme internal sendiri dalam mengumpulkan informasi routing dan memberikannya kepada yang lain. Misalnya, Routing Information Protocol (RIP), Hello, Shortest Path First (SPF) dan Open Shortest Path First (OSPF).
  • Exterior Routing Protocol digunakan sebagai protokol routing untuk mempertukarkan informasi routing antar autonomous system. Informasi routing yang dikirimkan antar autonomous system disebut reachability information, yakni informasi mengenai network apa saja yang dapat dicapai melalui suatu autonomous system. Misalnya, Exterior Gateway Protocol ( EGP ) dan Border Gateway Protocol ( BGP ).

Selanjutnya yaitu Tabel Routing, kalo tidak ada tabel ini bagaimana data-data bisa sampai ke tujuan. berikut penjelasannya

 

Tabel Routing / Routing Table

Jika sebuah paket harus di arahkan (routed), maka router akan memeriksa tabel routing untuk memperoleh informasi jalur yang tepat. Setiap entri pada tabel routing setidaknya terdiri dari 2 item sebagai berikut :
Destination address, adalah address sebuah network yang dapat dijangkau oleh router. Router dapat memiliki satu atau lebih jalur (rute) untuk menuju network yang sama, atau sekelompok subnet dengan panjang subnet bervariasi yang disatukan dibawah address network dengan nomor major yang sama.
Pointer to the destination, penunjuk yang mengindikasikan bahwa network tujuan (Destination Address) terhubung langsung dengan router, atau mengindikasikan address router lain yang terhubung pada network tujuan, router yang berada pada satu hop lebih dekat pada destination disebut sebagai router next-hop.
Router akan mencocokkan dengan address yang paling spesifik dalam tabel routing. Urutan kespesifikan suatu entri dalam tabel routing dapat berupa:
• Host address (a host route)
• Subnet
• Group of subnets (a summary route)
• Major network number
• Group of major network numbers (a supernet)
• Default address
Jika address tujuan dari paket tidak ada yang cocok dengan salah satu entri pada tabel routing, maka paket akan di buang (drop) dan kemudian sebuah pesan Destination Unreachable ICMP akan dikirimkan pada address source.

  1. olive
    26/11/2010 at 21:18

    sipp………lah

  2. 26/11/2010 at 23:58

    okee deh😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: