Home > Jobseeker, Sharing > Seleksi Calon Pegawai Bank BJB 2013

Seleksi Calon Pegawai Bank BJB 2013

oke, disini saya akan sedikit sharing apa saja yang ada dalam proses seleksi Calon Pegawai Bank BJB 2013.

Bermula dari status BBM dari teman saya, bahwa akan dibuka rekrutmen capeg (calon pegawai) baru. Saya langsung menanyakannya, bagaimana cara mendaftarnya terlebih dahulu untuk mengikuti Seleksi Calon Pegawai Bank BJB 2013.

Saya disuruh membuka link ini : http://rekrutmen.bankbjb.co.id/ dan disana ada lowongan apa saja yang dibuka, syarat-syarat apa saja.

PERTAMA, yang saya lakukan tentunya memasukkan data-data diri. Yang mungkin menurut saya ini adalah tes seleksi administrasi. Ya berarti hanya kandidat-kandidat yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan BJB yang akan dipanggil untuk tes selanjutnya. Setelah saya mendaftar, beberapa hari setelah saya ada panggilan untuk mengikuti tes selanjutnya. Tempatnya di gedung IKA UNPAD.

KEDUA , ini hari dimana tes setelah seleksi administrasi. Tes ini berlangsung dari mulai pukul 07.30 WIB dan selesai kurang lebih 18.30 WIB. Yap, kalo dihitung-hitung lebih dari 10 jam. hahaha. Dalam tahap ini ada beberapa tahap tes yang harus dilalui seleksi, berikut saya jelaskan alur tesnya.

1. TPA (Test Pengetahuan Akademik) 08:00 – 09:00
Pada tes ini, tes awal banget. Intinya sih untuk ngetes seberapa besar pengetahuan kalian, terdiri dari bahasa indonesia, matematika, dan sedikit pengetahuan perbankan. Pada tahap ini, tim seleksi akan menilai apakah anda layak untuk maju ke test selanjutnya atau tidak. Kalau tidak lolos pada tes ini, peserta tes dapat meninggalkan ruangan tes lebih cepat. Kejam juga sih menurut saya. hahaha. Setelah tes ini, hasilnya langsung keluar yang kemudian ditampilkan di depan screen untuk mengetahui siapa saja yang lolos.

2. Psikotest 09:00 – 12:00
Setelah lolos tes TPA, dan Alhamdulillah saya juga lolos. Maka cerita ini dapat saya lanjutkan. hehehe. Selanjutnya yaitu Psikotes, menurut saya ini lebih menuju siapa diri kita, bagaimana kepribadian kita dan lain-lain, pokoknya semua tentang kita.😀. Ada beberapa tes untuk psikotes ini, diantaranya :

  • a. Tes ketelitian, jadi kita membedakan mana kata yang sama mana kata yang beda, ada dua opsi pilihan yaitu Same dan Different
  • b. Tes bangun ruang, ada gambar pola dan disampingnya ada bentuk yang bisa dibangun dari pola tersebut, nomor awal-awal masih mudah banget, semakin tinggi nomor yang udah dikerjain tingkat kesulitan juga meningkat. So, tips dari saya hati-hati dalam membayangkannya yaps.
  • c. Tes GATS, tes ini lebih mendekati dan paling tidak mendekati sikap kalian dalam menghadapi suatu hal. tips dari saya, kalian harus jadi orang yang memiliki prinsip dan tidak mudah goyah.  hahhaha.
  • d. Tes PAPI, tes ini kurang lebih seperti tes sifat-sifat kita dalam dunia kerja, kalau tidak salah sih seperti itu ya.
  • e. Tes Koran, ya tau lah ya tes ini adalah tes menghitung deretan angka kemudian dengan menjumlahkannya dan ini lumayan membuat mata lelah dan mata saya pun dibikin pusing oleh deretan angkanya.😀
  • f. Tes Gambar (Pohon dan Meneruskan Gambar), disini kalian tinggal menggambar aja sesuka kalian. hahahaha.

Setelah keenam tes tadi, lalu kita ISOMA dan masuk lagi untuk mengikuti tes selanjutnya. dan setelah psikotest kita akan terus-terusan mengikuti tes sampai selesai guys.

3. FGD (Forum Discussion Group)

Pada tes ini kalian akan dibikin kelompok sekitar 9-11 orang, disini kita akan diberi kasus oleh accessor (psikolog) dan kita disuruh mendiskusikan lalu memberikan solusi terhadap masalah yang ada. Disini kalian harus berpintar-pintarlah mencari jawaban yang tepat, dan tidak disarankan kalian menjadi orang yang pasif dan jangan juga menjadi orang yang terlalu aktif yang penting kalian harus memberikan jawabannya yah.

4. TOEFL 

Tadaaaaaaaaa, the last but not least. ini adalah penutup tes. Kalian akan merasakan dimana kalian merasa benar-benar ngantuk, tidak konsentrasi dan sangat-sangat lelah. Seperti biasa kalian harus menjawab rentetan soal toefl dari listening, structure, dan reading. Pada tahap ini saya merasakan semua yang saya sebutkan semua. Sayang juga udah capek dari pagi, tes toefl dikerjain seenaknya, harus dipikirkan juga dong tentunya. hahaa.

Setelah tes-tes yang tadi dilakukan, selanjutnya tinggal menunggu pengumuman apakah kita lolos dari tes psikotes ?? apabila layak kalian bisa lanjut untuk tes selanjutnya, yaitu MCU (Medical Check Up).

KETIGA, Alhamdulillah lagi, rentetan tes kemarin berhasil dilalui, selanjutnya disini kita melakukan tes kesehatan, diantaranya tes darah, tes  urine, tinggi badan dan berat badan, tes mata, tes buta warna, rontgen paru-paru, dan ECG (tes denyut jantung). Sekitar 2 jam-an itu semua dilalui , dan pada tahap ini tidak sebanyak peserta tes pada tahap kedua.

yaa itulah yang bisa saya ceritakan sampai saat ini, sekarang tinggal menunggu apakah saya lolos kesehatan atau tidak dan akan segera saya beritahu yah.  Wish me luck.

  1. 12/11/2013 at 10:59

    Sama donk, aku juga lg nunggu pengumuman interview dari bjb juga niihh.. medical check upnya tanggal 2 kemaren. yaaa, baru seminggu lebih nunggu,, jadi harap2 cemasss.

    • 12/11/2013 at 11:29

      sama juga di pramita lab ?? wah kabar-kabarin yah kalo udah ada info hasil MCU ya. Semoga kita lolos ke tahap selanjutnya.😀

  2. 12/11/2013 at 20:31

    Awwww infonya jelas banget kang toso…. Hheeehee
    Sangat bermanfaat infonya🙂
    Semoga lolos dan sukses lalu aku menyusul yaaaa hihi

    • 12/11/2013 at 21:08

      iya akhirnya bermanfaat juga, hahahaa. oke kaz, semoga lolos yah😀

      • 12/11/2013 at 21:11

        Iyaaa kang toso.. Keep posting yaa cerita2nyaaa sebagai pengalaman untuk yg lain :p
        Aamiin makasih doanya hehee

      • 12/11/2013 at 21:19

        hahha iya, sekarang sih mau cerita-cerita jobseeker dulu deh. soalnya fokusnya lagi seputaran itu kaz

      • 12/11/2013 at 21:20

        Iyaaa ga apa2 biar aku ada panduaan sebagai jobseeker baru juga haha

      • 12/11/2013 at 21:21

        kamu kan pendidikan, jadi guru harusnya woeeee!

      • 12/11/2013 at 21:24

        Aku juga kan jd guruuuuu kmren2 di pedalaman huhuu

      • 12/11/2013 at 21:29

        oia, nanti deh belom mampir2 ke blog kaz. nanti ya. haha

      • 12/11/2013 at 21:30

        Hahahaaa blog aku isinya suram😦
        Jalan2 mulu

      • 12/11/2013 at 22:05

        gapapa, bagus kali. referensi buat liburan. hahaha

      • 12/11/2013 at 22:06

        Yaudah jangan lupa dikunjungi dan komen biar naikin rating xixxiii

  3. sandi
    28/11/2013 at 20:02

    Ini test seleksi yg berakhir tgl 31 oktober kmrn bukan?ko saya blm ada panggilan ya, panggilan by phone apa gmn?makasih

    • 29/11/2013 at 05:28

      iya bener, waktu itu sih saya by phone + email kang.

  4. gita
    07/12/2013 at 14:47

    kang saya di lagi nunggu tahap terakhir unk, kemaren udah interview di gor bjb naripan, sekarang udah minggu ke 3…

    • 07/12/2013 at 23:56

      iya sama saya juga. haha. gatau keterima gatau engga. kl sampe akhir desember gada panggilan brarti gagal nih.

  5. eli
    10/12/2013 at 08:41

    numpang nanya dongg, akang teteh semua yg pada ikutan tes bjb bln oktober kemaren iya, sekarang bln desember ada lowongan lg, tp coba buat daftar kagak bisa. emang yg kemaren ikut bln oktober kagak bisa ikut daftar jd peserta tes lg iya.

    • 10/12/2013 at 09:32

      iya, gabisa. mungkin masih ada harapan dipanggil sm pihak bjb sampai akhir desember sis

  6. 10/12/2013 at 12:42

    katanya bisa, cuman masukin namanya jangan sama… Misal belakangnya ditambah pake gelar pendidikan. contoh : Neneng Markoneng, Spd..

  7. farah
    11/12/2013 at 00:51

    hmmmm lama bgt c ni prosesnya.. yg bikin bingung qo sdh sampai llus medical chekup masih jg ada LULUS atau TDK LULUS,, pdahal jika sdh smpai Tes Medcal itu sharusnya 95% pasti diterima! hemmmm agak PHP nih kayanya,😦

    • 11/12/2013 at 03:23

      medical check up jg pengaruh jg kok, jd blm tentu 95%. pihak mereka tentu punya kualifikasi tersendiri sis. hehe

      • farah
        13/12/2013 at 15:30

        iya maksudnya saya sudah sampai intrview user pas di Serang (tapi lum ada kabar sampe skrang).. apakah stidaknya sudah llus medical itu tingkat klulusannya masih meragukan gtu y? hemm😦

      • 13/12/2013 at 15:56

        iya, katanya sih bjb kl udah interview user suka di php in, jd blm tentu keterima, sama katanya gimana kebutuhan dr bjb nya. kl butuh baru dpnggl. gitu sih dgr2 mah.

  8. 02/01/2014 at 18:15

    o gitu ya? sy dr makassar. tggl 31 des kmrn ada 3 org yg dipanggil buat ttd kontrak tggl 6 januari nnti.. kalo dr kota lain sdh ada yg ttd kontrak juga kah?

  9. farah
    26/01/2014 at 16:13

    BJB sialan!!! proses seleksi gk profesioanal!!!

  10. 26/01/2014 at 20:35

    minta doanya ya besok selasa tgl 28 aku tes seleksi bank bjb, mogaa2 bisa lolos seperti kalian aamiin

  11. setyo
    27/01/2014 at 22:43

    maaf numpang nanya nih kemarin saya interview (tahap terakhir) tanggal 9 oktober 2013 dan skrg masih belum ada panggilan dari bjb, itu gimana ya ngga lolos atau gimana? thx🙂 denger denger ada yang nunggu lamanya 5 bulan sampe 1 tahun ya?

    • 28/01/2014 at 05:59

      kalau sampai berbulan bulan ada, kl satu tahun kurang tau

    • 28/01/2014 at 05:59

      kalo sampe berbulan bulan sih ada. kl yang setaun blm pernah denger saya gan.

  12. setyo
    28/01/2014 at 11:12

    oh gitu yah gan. emang agan lagi nunggu panggilan dari bjb juga gan? udah interview? udah nunggu berapa lama gan dr interviewnya?

    • 28/01/2014 at 11:26

      dari 19nov , kmrn ada yg baru dpanggil sign kontrak. nunggu sih, sukur2 ada panggilan, ngga jg gpp. rejeki mah kapan aja gan. hehehe

      • setyo
        28/01/2014 at 13:51

        berarti senasib kita gan udah nunggu berbulan bulan ya. iya semoga aja rejeki deh gan amiiin

  13. setyo
    28/01/2014 at 11:14

    sorry gan ane banyak nanya hehe

  14. Dian Noor aprianty
    29/01/2014 at 08:03

    alhamdulillah aku juga udah sampe test MCU… bantuin doa yah agan agan kita semua lolos dan kerja langsung d bjb. aamiin

  15. ira
    17/03/2014 at 16:30

    wowww info’y b’manfaat bgt bt referensi, minta doa’y yaaa bsk aq mw test juga. Gan+sis good luck bt kalian, wish me luck😀

  16. lina
    23/03/2014 at 18:05

    contoh soal bahasa inggris nya seperti apa yaa?

  17. setyo
    03/04/2014 at 18:01

    gan ente udah ada panggilan belom dari bjb?

  18. setyo
    19/04/2014 at 10:05

    dua kali wawancara gan? kok bisa sampe 2x wawancara gitu gan? ente ikutan seleksi dari awal lagi ya?

  1. 12/11/2013 at 13:12

Leave a Reply

