Home > Jobseeker, Sharing > Pengalaman Interview English di PT. Oroenergy Services

Pengalaman Interview English di PT. Oroenergy Services

Oke guys, saatnya bercerita lagi. Kemarin, tepatnya tanggal 7 November 2013, saya ada panggilan buat interview di PT. Oroenergy Services, alamat websitenya yaitu http://www.orogenicgroup.com/. Saya apply untuk posisi data management.

Awal cerita, ketika saya sedang santai di kamar di depan layar monitor. Saya dapat pesan whats app dari teman baik saya, sebut saja bhakti, yang isinya saya disuruh kirim CV saya ke perusahaan tersebut. Kebetulan sampai saat ini saya masih mencari pekerjaan yang tepat dengan saya. Langsung saja tidak berpikir lama saya kirim CV saya ke email tadi. Kalau tidak salah, sekitar satu bulan setelah saya mengirim CV baru dapat panggilan via telepon bahwa saya diundang untuk interview di perusahaan tersebut. Walaupun sebelumnya telepon tersebut sempat tidak diangkat oleh saya gara-gara sedang ikut psikotes BJB , buat yang mau baca ceritanya bisa lihat disini. Tapi keesokan harinya saya pun dapat telpon lagi, kemudian meng-iya-kan bahwa saya dapat hadir. Tapi sayang sekali, teman saya juga dapat undangan interview perusahaan tersebut namun tidak bisa hadir karena ada halangan, dan akhirnya saya pun pergi sendiri.

Pergi dari Bandung dengan semangat membara, sekitar pukul 09.00 saya berangkat dan sampai di Jakarta sekitar pukul 11.30. Kemudian diantar taksi untuk menuju ke tempat interview, datanglah saya ke kantornya, tapi berhubung baru pukul 14.00 baru bisa interview, saya cari tempat buat berdiam sejenak, di sekitar situ ada tempat  yang namanya Tebet Green. Menghabiskan waktu sampai pukul 13.30, saya bergegas kembali ke kantor orogenic services.

Sesampainya disitu,

Inilah ruangan terdepan kantor Orogenic Services.

Ruangan Terdepan PT. Oroenergy Services

Saya melihat ada satu orang yang sedang duduk dan mengisi form job application, dalam pikiran saya sepertinya dia ikut interview juga. Saya biasanya kalau ada orang yang memiliki tujuan sama, seperti interview suka saya ajak ngobrol, tapi waktu itu lagi males ngobrol, yaudah diem aja masing-masing kayak patung sambil nunggu dipanggil sama pihak HRD nya. hahahhaa.

Ngga berapa lama, datang muncul satu orang lagi. Berpakaian lengkap pakai dasi, kemeja, celana bahan, sepatu pantofel seperti gaya-gaya eksekutif muda.  Saya sih setelannya sama kayak dia, cuma ya gak pake dasi. hehehee.

Dan akhirnya, orang pertama yang udah duduk dipanggil untuk interview, sembari menunggu saya disuruh isi job application, isinya standar mirip-mirip CV gitu. Nama, Background Pendidikan, Work Experience dan lain-lain.

Job Application Form

Oia hampir lupa, sebelum masuk ke ruangan tersebut saya harus memberikan KTP trus ditukar sama Visitor Name Tag gitu, seperti ini bentuknya. Nah disini, ada cerita yang agak lucu, ketika saya mulai berinteraksi dengan receptionist-nya, perasaan kok ada yang aneeeh gitu, saya merasa sering dilihatin, gatau deh apa saya nya yang lagi ke-ge’er-an apa emang beneran diliatin trus. Nah si receptionist ini sering banget kepergok ngeliatin, jadi ada beberapa momen dia lagi ngeliatin saya  dan saya ngeliatin dia, kalo ga salah ada 3 kali gitu yah. hahaha. aneh banget ini receptionistnya.

Setelah menunggu sekitar 30 menitan, akhirnya nama saya dipanggil, saya digiring menuju suatu ruangan. Disana ada 3 orang, 2 orang Indonesia 1 perempuan 1 laki-laki, 1 orang bule laki-laki, gatau darimana domisilinya. Saya masuk ruangan, kemudian saya bingung deh. Hahaha. Ketiganya pada sibuk masing-masing, saya berdiri 20 detikan, mau ngajak jabat tangan, ga enak takut nge-ganggu. yaudah dan akhirnya saya dipersilahkan duduk tanpa berjabat tangan terlebih dahulu. hahahahaha.

Dan setelah duduk, saya diberitahu bahwa interview in english, tapi kl ngga bisa boleh pake bahasa indonesia. ya pertanyaannya standar kurang lebih sama seperti Interview English saya yang pertama. Dari tell me about yourself, work experience, kamu bisa ini gak kamu bisa itu gak, perusahaan apa ini, apa mau apabila pergi ksana ksini dan expectation salary. Dengan tenang, saya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaannya dengan baik, karena berbeda dengan interview yang pertama sebelumnya karena aksennya bikin bingung. Dan akhirnya selesai deh interviewnya, nanti saya akan diberitahu via email kalau engga via website.

Setelah interview, saya kembali lagi ke bandung menggunakan travel.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

